Tugas PRK Kismis ( Dry Fruit )


KISMIS ( Dry Fruit )
  1. Pengertian

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan, dan karena proses pengeringan ini kismis terasa lebih manis. Pasalnya dalam proses pengeringan tersebut gula menjadi terkonsentrasi dan bahkan mengkristalisasi. Kismis sendiri dalam sehari-hari banyak digunakan sebagai untuk olahan makanan atau kue, namun sebenarnya kismis berguna juga bagi kesehatan.

Salah satu khasiat kismis adalah menghilangkan bakteri bau mulut karena mengandung asam oleanoic. Asam ini juga dapat melindungi gigi dari pembusukan plak. Khasiat kismis yang lain adalah sebagai obat untuk pengidap anemia. Pasalnya kismis kaya akan zat besi, vitamin B, dan berbagai mineral lain yang dapat meningkatkan jumlah darah merah. Selain itu karena kaya akan zat besi tadi maka kismis juga bermanfaat bagi kesehatan tulang kita. Ada juga asam lain yang terkandung pada kismis yang dinamakan dengan asam amino arginin. Kalau asam tersebut dipercaya dapat meningkatkan libido anda sehingga dapat meningkatkan kehidupan seksual anda.

Kismis sendiri mulai populer di Eropa pada awal abad 11 ketika para tentara salib pulang ke Eropa melalui Mediterania. Ketika itulah kismis mulai dikenal dan menjadi salah satu dari banyaknya manfaat buah anggur yang terus disajikan dan kita nikmati hingga sekarang.
Kismis (Vitis Vinivera) adalah anggur yang dikeringkan. Pada awalnya kismis dibuat dari angur hitam kecil yang di produksi di Yunani. Tapi sekarang kismis diproduksi dari berbagai macam varietas anggur yang dapat menghasilkan kismis berukuran kecil tanpa biji dengan rasa yang enak dan menyehatkan. Kismis telah diolah menggunakan metode alamiah dan dengan cara sedemikian rupa hingga akhirnya dapat dikonsumsi dan menyehatkan tubuh. 
Macam-macam kismis

1.     Kismis Jumbo
Hasil gambar untuk kismis jumbo
Kismis Jumbo ini berasal daripada Argentina/Chile. Terkenal dengan saiznya yang besar berbanding kismis biasa. Kismis ini mempunyai kadar antioksidaan yang tinggi berbanding saingannya iaitu buah prun. Rasullullah SAW sendiri menggalakkan pemakanan kismis untuk kesihatan oleh kerana khasiatnya yang tinggi. Baik untuk perkembangan minda individu. Kismis Jumbo ini didatangkan dalam dua jenis iaitu Golden Jumbo dan Black Jumbo.

2.    Kismis Jumbo Merah
Hasil gambar untuk kismis jumbo merah
Makanan ini tidak mengandungi kolestrol atau lemak serta rendah kandungan garam. Ia membekal tubuh badan dengan banyak vitamin dan mineral yang penting seperti zat besi, potassium, magnesium, kalsium dan vitamin B1, B3 dan B6. Serta zat besi untuk pembinaan darah bagi pengangkutan oksigen ke otak dan ke seluruh badan. Kismis juga merupakan serat yang baik dan kaya dengan agen anti-oksida (anti-penuaan). Ia mengandungi fruktosa (sejenis gula ringkas yang asli) yang dapat dihadamkan dengan cepat untuk tenaga segera. Ia sangat sesuai terutama bagi mereka yang menggunakan banyak tenaga untuk berfikir seperti guru dan pelajar.

3.    Kismis Iran
Hasil gambar untuk kismis iran
Kismis Iran adalah kismis yang paling terkenal dan paling disukai oleh hampir semua orang termasuk masyarakat Malaysia. Kismis Iran juga sering kali digunakan di seluruh dunia sebagai bahan masakan dan makanan  ringan. Ia juga sangat popular dijadikan Oleh-oleh ibadah haji
dan umrah. Rasanya manis agak kecut dengan warna kuning keemasan. Kismis Iran  berasal dari buah anggur (hijau atau hitam) yang dikeringkan

4.    Kismis Simin
Hasil gambar untuk kismis simin
Kismis Simin adalah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Pada abad 11 masehi. Kismis sangat manis karena memiliki konsentrasi gula yang tinggi, dan jika disimpan lama, gula tersebut akan terkristalisasi di dalamnya.

5.    Kismis Minda
Hasil gambar untuk kismis minda
Kismis ini diimport dari negara Turki. Rasanya manis(tanpa masam). Saiz bijinya sederhana,tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sesuai jika dikonsumsi oleh anak-anak dan boleh juga dikonsumsi oleh orang dewasa. Gula ringkas dalam kismis telah dikenal pasti dapat meningkatkan daya pemikiran otak. Ini karena  otak memerlukan gula ringkas dalam kuantiti yang banyak untuk berfungsi dengan baik dan kismis dapat menyediakan keperluan gula ringkas dalam kuantiti yang banyak dan cepat.

6.    Kismis Hitam
Hasil gambar untuk kismis hitam
Kismis ini berasal dari America/Iran. Kismis berwarna hitam separuh kering dan ada sedikit biji. Kismis bersaiz besar, berwarna hitam, menpunyai rasa masam manis sesuai untuk minda.
Kismis yang baik dan sehat dikeringkan dengan panas matahari dan tidak dicampur belerang. Ciri-cirinya adalah berwarna lebih hitam pekat, lembab, dan tidak tahan disimpan lama

Manfaat mengkonsumsi kismis
Menyehatkan gigi
Kismis mampu merawat gigi sebab mengandung asam oleanolic yang mampu melindungi gigi dari pembusukkan. Asam ini juga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Menyembuhkan sembelit
Kismis kaya akan serat oleh sebab itu mampu menyembuhkan sembelit.

Mengobati anemia 
Jika Anda menderita anemia, maka perbanyaklah mengonsumsi kismis. Sebab kismis mengandung zat besi, vitamin B kompleks, dan mineral lain yang mampu meningkatkan jumlah darah.

Mencegah kanker
Zat antioksidan yaitu polifenol catechin yang ada di dalam kismis mampu memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan tumor dan kanker.

Merawat mata
Fitonutrien yang merupakan salah satu zat antioksidan di dalam kismis mampu mencegah kerusakan mata karena radikal bebas.

Menguatkan tulang
Kismis kaya akan zat besi dan kalsium. Kedua mineral ini sanggup meningkatkan kesehatan tulang Anda.

Meningkatkan libido
Kismis juga bermanfaat untuk meningkatkan kehidupan seksual Anda. Sebab kandungan asam amino arginin yang ada di dalam kismis mampu meningkatkan libido Anda.

Membersihkan pencernaan
Kismis kaya akan serat yang baik untuk membersihkan saluran pencernaan dan menghilangkan racun di dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kismis sarat akan glukosa dan fruktosa yang mampu meningkatkan penyerapan vitamin sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengurangi asam lambung
Kandungan kalium dan magnesium di dalamnya bermanfaat untuk mengurangi asam lambung yang dapat menyebabkan maag.
Raisin mengandung fruktosa dan glukosa yang bisa memberi suplai energi ke tubuh. Namun anak-anak kecil yang berusia di bawah tiga tahun tidak disarankan untuk mengonsumsi raisin, karena kandungan gula sukrosa, fruktosa, dan glukosa bisa menyebabkan gigi berlubang dan tersedak.
Kandungan yang terdapat pada kismis
Raisin biasanya digunakan sebagai pengganti bahan pemanis dalam oatmeal, muffin, roti, sereal atau makanan anak.

Raisin mengandung berbagai vitamin, mineral dan senyawa yang penting bagi kesehatan. misalnya vitamin A untuk kesehatan mata, vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin  E untuk kesehatan kulit, catechin (salah satu antioksidan) untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain. Karena mempunyai kandungan gizi yang tinggi, buah ini biasanya dijadikan sebagai campuran bahan makanan sehat ketika melakukan sarapan.

Komentar

Postingan Populer